Kamis, 06 Oktober 2016

Apa Itu Megapixel Pada Kamera? Penting Atau Tidak?

Tags


jaman sekarang, hampir setiap smartphone sudah dilengkapi kamera, umumnya pengguna smartphone banyak yang selalu mempermasalahkan soal megapixel. Di sisi lain, apakah kamu tahu, apa itu megapixel? Pada dasarnya, megapixel sendiri merupakan gabungan dari kata mega dan pixel. Mega artinya satuan juta dan pixel adalah titik dari elemen gambar. Lantas, apakah semakin besar nilai megapixel akan menentukan bagusnya kualitas dari kamera pada smartphone? 

Apa itu Megapixel?
apa itu megapixel 1
megapixel ialah suatu gambar digital yang dibentuk oleh ribuan titik pixel. Semakin besar jumlah titik tersebut, maka resolusi dari gambar yang dihasilkan akan semakin tinggi. Megapixel biasanya dijadikan sebagai patokan untuk menunjukkan kerapatan dari sebuah gambar. Seperti yang sudah disebutkan di atas, setiap kali membeli sebuah kamera digital atau smartphone, pasti banyak yang menentukannya dengan seberapa besar nilai megapixelnya.

  So Apakah Megapixel jadi Penentu Bagusnya Kamera pada Smartphone?



apa itu megapixel 2

Hampir sebagian besar  pengguna smartphone atau yang baru ingin membeli smartphone, biasanya megapixel akan menjadi sebuah patokan untuk mereka. biasanya orang - orang seperti ini adalah pengguna smartphone awam. kenyataanya, megapixel BUKAN-lah sebuah patokan dari bagus tidaknya sebuah kamera pada smartphone.
megapixel sebenarnya bukanlah penentu bagusnya suatu kamera, baik itu pada kamera smartphone maupun pada kamera digital sekalipun. Megapixel hanyalah penentu seberapa besar resolusi dari gambar yang dihasilkan pada kamera. Lantas, apa sebenarnya penentu dari bagus tidaknya sebuah kamera smartphone?

Terus, Apa Faktor yang Menentukan Kamera itu Bagus atau Tidak?


apa itu megapixel 3

Sebenarnya ada Banyak faktor penentu kamera di smartphone itu bagus atau tidak. faktor-faktor tersebut ialah tipe dari lensa dan sensor pada kamera, bukaan atau biasanya disebut denga diafragma, dan lain sebagainya. Dalam artikel ini, saya menjelaskan semua hal diatas satu per satu.

Lensa dan Sensor kamera Dalam perangkat Smartphone


apa itu megapixel 4

Jika kita berbicara mengenai kamera, maka yang paling umum kaitannya adalah lensa. Kalau kita berbicara mengenai lensa, berarti erat kaitannya dengan diameter. pada diameter inilah yang nantinya akan menentukan batas dari resolusi dan seberapa banyak cahaya yang dapat masuk ke dalam sensor. Semakin besar diameter pada sebuah lensa, maka semakin luas juga cahaya yang tertangkap ke dalam sensor kamera.
Diameter dari lensa kamera digital biasanya berkisar dari 10 mm sampai 50 mm. akan tetapi, diameter dari sebuah kamera smartphone umumnya memiliki ukuran yang jauh lebih kecil, hanya berkisar sekitar 2 mm. Namun, meski lensa yang digunakan sangatlah kecil, dan hampir tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Smartphone juga dilengkapi sensor pada kamera yang memberikan jumlah pixel yang besar, contohnya seperti pada kamera Sony IMX220 dengan ukuran 20 MP, sehingga dapat memberikan hasil gambar yang sangat detail. Jadi, sensor pada kamera sebuah smartphone-lah yang menjadi penentu seberapa detail foto yang akan dihasilkan.

  Bukaan atau Diafragma pada Lensa Kamera!

 


apa itu megapixel 5

Selain sensor dan tipe lensa pada kamera, maka yang harus kamu pahami berikuttnya yaiyu bukaan atau diafragma pada lensa. Dengan adanya diafragma, kamu dapat mengatur besarnya cahaya yang akan masuk ke dalam sensor kamera smartphone. Diafragma yang bagus itu dihitung berdasarkan bilangan. Semakin kecil nilainya, maka cahaya yang masuk akan semakin besar, begitu pula sebaliknya. singkatnya jika kamera pada smartphone  memiliki diafragma sebesar f/2.0, maka ketika dalam kondisi yang rendah cahaya, kamu masih dapat menghasilkan gambar yang baik. Akan tetapi, jika diafragmanya maksimal sebesar f/5.6, maka jangan harap kamu dapat hasil foto yang bagus.

apa itu megapixel 6

Selain jadi penentu besar cahaya yang masuk, kamu juga mampu membuat foto yang memiliki background dan foreground yang blur. Sehingga, foto yang kamu hasilkan bisa terlihat semakin artistik dan mengagumkan, sama seperti hasil dari sebuah kamera profesional.
Lalu, smartphone apa yang mempunyai kamera luar biasa bagus? jawabannya Sebenarnya relatif, tapi sebagai contoh, kamera smartphone yang bagus adalah Samsung Galaxy S7 yang sudah menanamkan diafragma f/1.7. sehingga dalam kondisi yang rendah cahaya, kamu masih bisa menghasilkan gambar keren dan artistik.

Selain dari Resolusi, Apa dari Keuntungan Megapixel yang Besar?

 

apa itu megapixel 7

Jika kamu masih bertanya megnapa harus ada ukuran megapixel besar jika megapixel bukanlah sebuah patokan dari bagus atau tidaknya sebuah kamera? jawabannya Memang benar jika megapixel itu bukanlah sebuah penentu dari seberapa bagus kamera pada smartphone, tetapi apakah kamu tidak ingin mencetak foto - foto tersebut dan memajangnya dengan ukuran yang besar?
ukuran megapixel yang akan menentukan besarnya ukuran foto yang dapat dicetak. Semakin besar ukuran dari megapixel, maka peluang untuk mencetak dengan ukuran yang besar juga semakin tinggi. Akan tetapi, tahukah kamu 1 megapixel berapa pixel ? Jawabannya adalah 1 megapixel sama dengan 1 juta mega pixel. berikut adalah ukuran yang tepat untuk mencetak sesuai dengan megapixel pada smartphone kamu.
Ukuran Cetak   Minimum Megapixel Resolusi
4 x 6 ″ 2 megapixel 1600x1200
5 x 7 ″ 3 megapixel 2048x1536
8 x 1 0 ″ 5 megapixel 2560x1920
11 x 14 ″ 6 megapixel 2816x2112
16 x 20 ″ 8 megapixel 3264x2468
16 x 24 ″ 12 megapixel 4200×2800

Itulah penjelasannya mengapa megapixel pada kamera smartphone itu bukanlah penentu atau patokan untuk menentukan bagus atau tidaknya kamera pada smartphone. Semoga setelah selesai membaca artikel ini, kamu tidak lagi salah dalam menentukan kamera pada smartphone. 


5 komentar

lengkap infonya gan, nambah wawasan nih..

Sering lihat di spesifikasi smartphone, ane cuma paham kalo itu berpengaruh pada kamera. Tapi penjelasaanya kurang paham, setelah baca artiikel ini jadi paham betul tentang apa itu kamera. Bermanfaat nih, thanks

Didalam kamera DSLR, memang megapixel yang besar sedikit tidak menjadi keperluan. Karena yang paling utama adalah ukuran sensor dari kamera tersebut. Dan melihat penjelasan tentang kamera hp di atas sama hal saja dengan kamera DSLR. Nice info gan (y)

Padahal biasanya pegangannya hp tapi masih bingung tentang maksud dari MegaPixel, Thanks ya sangat bermanfaat.

Kalo liat hp pasti langsung nanya mpnya berapa. sekarang jadi tau lebih dalem nih.. makasih banget gan


EmoticonEmoticon

Cara Mudah Dapat Uang Dari 8share Pakai Android Kamu

Kamu Mahasiswa? atau anak sekolah yang lagi butuh uang jajan tambahan? bingung......

Apa Itu Megapixel Pada Kamera? Penting Atau Tidak?

jaman sekarang, hampir setiap smartphone sudah dilengkapi kamera, umumnya pengguna smartphone banyak yang selalu mempermasalahkan soal ...

Kumpulan Aplikasi Hack Untuk Android

Semenjak era smartphone dimulai banyak pekerjaan manusia yang lebih dipermudah,......

PhotoMath, Cara Mudah Kerja Soal Matematika Hanya Dengan Difoto

Bingung dengan PR Matematika yang susah? jangan khawatir kali ini FerBoM akan......

10 Website yang Bisa Buat Kamu Lebih Pintar!

Kini semenjak dunia internet mengambil alih banyak hal dalam hidup kita, segala hal bisa dengan mudah diakes ya. Mulai dari berita, g...

Diberdayakan oleh Blogger.